Mengurangi Pekerjaan Tanpa Terlihat Malas
LINTAS PUBLIK-JAKARTA, Penelitian dari perusahaan perekrutan Randstad menunjukkan 77
persen pekerja Australia mengatakan beban kerja mereka meningkat tahun
silam. Sebanyak 79 persen ingin mencapai kehidupan pekerjaan yang
seimbang pada 2013.
Namun, banyak pekerja yang tidak benar-benar sibuk, tapi berpikir bahwa mereka sibuk.
Studi yang dikutip dari news.com.au, Rabu (30/1), menemukan 16 persen warga Australia bekerja lebih dari 40 jam setiap minggu. Tapi, ini tidak sebanding dengan 65 persen pekerja di Hong Kong, 60 persen pekerja di Singapura, bahkan 23 persen pekerja di Amerika Serikat yang bekerja lebih dari 40 jam seminggu.
Para ahli mengatakan kunci untuk mengurangi beban kerja Anda sebenarnya bukan mengurangi banyak hal. Tetapi, mengubah persepsi Anda dan menyelesaikan beban kerja Anda dengan lebih efisien.
Namun, banyak pekerja yang tidak benar-benar sibuk, tapi berpikir bahwa mereka sibuk.
Studi yang dikutip dari news.com.au, Rabu (30/1), menemukan 16 persen warga Australia bekerja lebih dari 40 jam setiap minggu. Tapi, ini tidak sebanding dengan 65 persen pekerja di Hong Kong, 60 persen pekerja di Singapura, bahkan 23 persen pekerja di Amerika Serikat yang bekerja lebih dari 40 jam seminggu.
Para ahli mengatakan kunci untuk mengurangi beban kerja Anda sebenarnya bukan mengurangi banyak hal. Tetapi, mengubah persepsi Anda dan menyelesaikan beban kerja Anda dengan lebih efisien.
Berikut enam hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi beban kerja dengan baik.
Tepat Waktu
Jangan pernah pulang malam. Pikirkan tentang kali terakhir Anda produktf di setiap waktu kerja antara 10 atau 12 jam setiap hari. Jika Anda berkata akan keluar pukul 17.00, Anda akan menggunakan waktu lebih bijak.
Psikolog organisasi Leanne Faraday-Brash mengatakan Anda mungkin perlu tinggal lebih lama di kantor ketika masalah-masalah menumpuk.
“Tapi sadarilah bahwa itu benar-benar dapat menjadi kebiasaan dan kemudian kekesalan pun memuncak,” kata dia. "Orang-orang yang balik ke kantor atau yang bermurah hati mengatur jam kerja yang fleksibel dapat menemukan diri mereka malas pada siang hari karena tahu mereka akan bekerja dengan tenang beberapa jam di malam hari."
Mengurangi Pertemuan
Buatlah daftar pertemuan yang harus Anda hadiri secara teratur. Pilihlah mana yang paling tidak bernilai bagi pekerjaan Anda dan jangan pergi. Jelaskan kepada atasan Anda alasan tidak perlu berada di pertemuan itu atau sebaliknya apa yang bisa Anda capai dalam pertemuan itu.
Delegasikan
Delegasikan tugas Anda, walaupun Anda bukan manajer. Anda mungkin akan menemukan bahwa Anda benar-benar disesaki oleh hal-hal yang harus Anda lakukan. Memang mungkin sulit mendelegasikan tugas kepada rekan-rekan Anda—orang-orang akan berpikir Anda memang malas.
Sekali lagi, cara terbaik untuk mengatasi beban tugas yang terlampau berlebihan, tunjukkan kepada atasan Anda tugas-tugas apa saja yang mencegah Anda mencapai hasil yang terbaik.
Faraday-Brash mengatakan, jika Anda pikir ada terlalu banyak hal di piring Anda, mintalah manajer Anda untuk berbagi tanggung jawab, memprioritaskan apa yang perlu dilakukan dan menyebarkan beban kerja ke rekan-rekan Anda.
"Itu jauh lebih dewasa daripada gagal memenuhi tenggat waktu dan membela diri ketika ditanya mengapa," ujar dia.
Perencanaan
Pelatih produktivitas Wendy Cole mengatakan perencanaan mungkin tampak seperti sesuatu yang jelas untuk dilakukan, tetapi cara paling efisien untuk memerangi penolakan terhadap tugas-tugas tertentu.
Sebelum meninggalkan tempat kerja setiap hari, tentukan lima hal yang perlu Anda selesai hari berikutnya, lalu pilihlah mana yang paling penting. Kemudian, persiapkan segala sesuatu yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan tugas-tugas ketika masuk kerja pagi hari, terutama jika Anda benar-benar takut melakukan itu.
"Saya menaruhnya di kursi saya, jadi saya benar-benar harus memindahkannya untuk duduk," kata Cole.
Audit Diri
Pikirkan kembali apa saja yang membuat Anda menunda menyelesaikan suatu pekerjaan. Apakah membuat kopi, mengobrol dengan rekan kerja atau mengecek Facebook? Setelah mengenali perilaku-perilaku itu, hentikan kebiasaan itu dan pikirkan kerugiannya.
"Katakan pada diri Anda sendiri bahwa jika Anda menunda pekerjaan dan harus mengejar ketinggalan di akhir hari, Anda akan pulang terlambat ketika rekan-rekan lain sudah pulang,” ucap Faraday-Brash.
Membaca Buku
Agar lebih efisien mengelola beban kerja, menurut Cole, Anda harus mengubah cara berpikir. Cara mudah untuk melakukan ini adalah dengan mengambil kursus atau membaca buku-buku yang berkaitan dengan itu.
Pilih satu buku tentang produktivitas atau organisasi dan memutuskan untuk membacanya pada akhir Februari. Ini akan membantu Anda mulai berpikir secara berbeda untuk menyelesaikan tugas-tugas Anda.HP/T
Tidak ada komentar