Header Ads

PLN UP3 Pematangsiantar Ingatkan Masyarakat Tertib Bayar Listrik, Joy : Mari Beralih ke Listrik Pintar

 LINTAS PUBLIK-SIMALUNGUN, PLN UP3 Pematangsiantar menyosialisasikan tertib pembayaran rekening listrik dan program migrasi listrik Pra Bayar di Kantor Kecamatan Silimakuta Kabupaten Simalungun, Jumat pagi (23/7/2021).

LIHAT JUGA Inilah Pemakaman COVID di Kota Pematangsiantar

Camat Silimakuta, Janchrisdo Damanik, S.STP, MA saat menghidupkan meteran Pra Bayar atau listrik pintar disaksikan Manager PLN UP3 Pematangsiantar, Joy Mart S Sihaloho. Kecamatan Silimakuta Kabupaten Simalungun resmi beralih dari pelanggan Pasca Bayar ke pelanggan Pra Bayar.

Sosialisasi ini dilatarbelakangi rendahnya pembayaran tagihan listrik di Kecamatan Silimakuta yang berdampak pada pendapatan PLN dan PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kabupaten Simalungun dari pajak penerangan lampu jalan. 

Sebagaimana diketahui 4.190 pelanggan di Kecamatan Silimakuta 40 persen merupakan pelanggan Pra Bayar dan 60 persen pelanggan Pasca Bayar.

"Pelanggan di Kecamatan Silimakuta masih rendah pembayaran listriknya. Hal ini berdampak kepada pendapatan PLN dan PAD Kabupaten Simalungun dari pajak penerangan lampu jalan. Padahal pendapatan PLN ini bertujuan membeli bahan bakar pembangkit, memelihara jaringan dan kebutuhan lain sedangkan pajak dari penerangan lampu jalan untuk kelangsungan pembangunan di Kabupaten Simalungun,"kata Manager PLN UP3, Joy Mart S Sihaloho.

Kegiatan sosialisasi tersebut diikuti Camat Silimakuta, Janchrisdo Damanik, S.STP, MA, Danramil 12 Saribudolok diwakili Sertu J Saragih, Kanit Reskrim Polsek Saribu Dolok, Ipda Budianto Silalahi, kepala desa, kepling yang merupakan tokoh di lingkungannya masing-masing.

Dengan mengundang tokoh masyarakat tersebut, Joy Mart mengajak untuk mensosialisasikan tertib membayar listrik kepada masyarakat lainnya. Dengan begitu, masyarakat bersinergi dengan PLN dan pemerintah daerah.

"Rendahnya pembayaran listrik disini dimungkinkan mayoritas pelanggan di Kecamatan Silimakuta sebagai petani dan baru pulang pada malam hari. Oleh karena itu, PLN mengajak masyarakat untuk beralih ke pelanggan Pra Bayar atau listrik pintar,"ajak Joy Mart.

Keunggulan listrik pintar ini yakni bebas sanksi pemutusan, bebas biaya beban, bebas tagihan rekening minimun, bebas biaya keterlambatan, terkendali dalam pemakaian listrik dan isi ulang mulai Rp  20.000. 

"Jika bapak ibu ingin beralih dari listrik pasca bayar ke listrik pra bayar atau listrik pintar tidak dikutip biaya atau gratis. Bapak ibu tidak dipusingkan lagi biaya membengkak saat pelanggan pasca bayar, dengan beralih ke listrik pintar bapak ibu bisa mengendalikan sendiri kebutuhan listriknya,"ucap Joy.

Pada kesempatan itu juga, Joy Mart mengenalkan PLN Mobile yang cukup didowmload dari Play Store Smart Phone. Aplikasi PLN Mobile ini sangat memudahkan masyarakat untuk menambah daya atau menyampaikan keluhan terkait listrik.

"Silahkan dowmload aplikasi PLN Mobile. Bapak ibu tidak perlu lagi repot ke kantor PLN untuk menyampaikan keluhan,"ucap Joy.

Sementara Camat Silimakuta, Janchrisdo Damanik, S.STP, MA mengucapkan terima kasih kepada PLN yang bersedia meluangkan waktu menyampaikan sosialisasi tertib pembayaran listrik.

Diakui Camat, masyarakat di Silimakuta rendah dalam pembayaran listrik sehingga dengan adanya sosialiasasi ini, kesadaran masyarakat akan bertumbuh. 

"Pajak penerangan lampu jalan dari pelanggan untuk menambah PAD Kabupaten Simalungun sehingga pembangunan terlaksana yang manfaatnya juga dirasakan oleh masyarakat itu sendiri,"kata Camat.

Manager PLN UP3 Pematangsiantar, Joy Mart S Sihaloho mengingatkan masyarakat Kecamatan Silimakuta Kabupaten Simalungun untuk tertib bayar listrik.

Dia juga meminta masyarakat untuk beralih ke listrik pintar yang jelas-jelas menguntungkan. Bahkan kantor Kecamatan Silimakuta yang tadinya pelanggan Pasca Bayar beralih ke pelanggan Pra Bayar atau listrik pintar.

"Kantor Kecamatan Silimakuta juga hari ini beralih ke listrik Pra Bayar dan tanpa biaya,"ucap Camat.

Di sela-sela kegiatan sosialisasi, peserta sangat tertarik untuk beralih ke pelanggan Pra Bayar atau Listrik Pintar. Dibuktikan 6 pelanggan hari itu juga beralih ke pelanggan Pra Bayar.

Kegiatan sosialisasi ditutup dengan menghidupkan meteran listrik kantor Kecamatan Silimakuta yang baru saja beralih ke pelanggan Pra Bayar atau Listrik Pintar.


Penulis   : franki

Editor     : tagor


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.