Header Ads

Pemkab Simalungun dan USAID IUWASH Tangguh Evaluasi RKT

Simalungun, Dalam rangka peningkatan akses air minum dan sanitasi aman, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun bersama USAID IUWASH Tangguh melaksanakan workshop evaluasi RKT.

Workshop ini dilaksanakan di ruang rapat Kantor Bupati Simalungun, Pamatang Raya, Sumut, yang dibuka oleh Bupati Simalungun diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Ramadhani Purba, Senin (29/4/2024).

Kegiatan workshop ini merancang/usulan RKT Tahun Program 4 di kabupaten Simalungun. RKT merupakan dokumen kerja antara USAID IUWASH Tangguh dengan Pemerintah Kabupaten Simalungun.

USAID IUWASH Tangguh mengumpulkan feedback/masukan terkait pelaksanaan pendampingan program dan kegiatan yang telah dilaksanakan. 

Kabupaten Simalungun merupakan salah satu dari 5 (lima) kota/kabupaten dampingan USAID IUWASH Tangguh di Provinsi Sumatera Utara.

Tahun 2024, USAID IUWASH Tangguh dalam semangat kolaborasi dan kemitraan telah mendampingi kabupaten ini dalam upaya peningkatan akses air minum dan sanitasi aman termasuk dalam pengelolaan sumber air yang berketahanan iklim dan inklusif. 

Bupati Simalungun dalam sambutan, yang dibacakan Asisten Ekbang antara lain menyampaikan, dalam penilaian Governance Index dan Sanitasi Index, Pemkab Simalungun menunjukkan peningkatan kinerja tahun 2023 dari tahun 2022 dengan dampingan USAID IUWASH Tangguh.

“Terima kasih kepada USAID IUWASH Tangguh telah melaksanakan kegiatan dan mendukung pengembangan sektor air minum, sanitasi dan sumber daya air di Kabupaten Simalungun,” ujar Bupati dalam sambutan tertulisnya itu.

Workshop Evaluasi RKT dan Diskusi Rancangan/Usulan RKT Tahun Program 4 maka perangkat daerah terkait khususnya di sektor air minum dan sanitasi mendapatkan kejelasan untuk kegiatan-kegiatan yang perlu dilaksanakan seperti tercantum dalam RKT sebelum Oktober 2024.

Masyarakat juga dapat berkontribusi untuk meningkatkan akses air minum dan sanitasi aman termasuk dalam mengelola sumber air dengan menjadi #tetanggapanutan dan #jagasumberair. (red/t)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.