Header Ads

2 Pelajar Humbang Hasundutan Tampil di Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional

Jakarta, 2 (dua) Pelajar Humbang Hasundutan Tampil di Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional (FTBIN).

kedua pelajar itu utusan dari Kabupaten Humbang Hasundutan, Pidato ditampilkan Miracle Bright Silaban dari SD 173315 Silaban Kecamatan Lintongnihuta sedangkan cerita pendek disampaikan Sry Kawani Sitohang dari SMPN 3 Pollung, yang dilaksanakan di Hotel Sultan Jakarta, Sabtu (4/5/2024). 

Acara itu, dibuka Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim, dengan tema “Melestarikan Bahasa Daerah, Menjaga Kebinekaan Indonesia”. 

FTBIN adalah diseminasi pelindungan bahasa yang diharapkan menjadi media untuk menyosialisasikan kegiatan pelindungan bahasa daerah yang dilaksanakan  Badan Bahasa dan pemerintah daerah, terutama Revitalisasi Bahasa Daerah (RBD).  Revitalisasi Bahasa Daerah (RBD) tahun 2024 sendiri telah dilaksanakan di seluruh provinsi di Indonesia.

E Aminudin Aziz Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, menjelaskan bahwa  FTBI  di daerah telah dilakukan secara berjenjang, mulai dari festival tingkat kecamatan, kabupaten/kota, hingga sampai provinsi.

Bidang yang dilombakan antara lain membaca dan menulis aksara daerah, menulis cerita pendek, membaca dan menulis puisi, mendongeng, berpidato, tembang tradisi termasuk komedi tunggal. 

"Ajang ini sebagai upaya untuk mempromosikan keragaman bahasa daerah masing-masing, menyebarluaskan semangat kecintaan dan ekspresi kebanggaan terhadap bahasa daerah," ungkapnya.

FTBI  dilaksanakan pada Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei 2024, untuk meningkatkan kesadaran bersama bahwa urusan bahasa daerah adalah salah satu unsur yang sangat penting dalam pendidikan. (red/t)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.