Header Ads

Hasil Panen P5, SMA Swasta Teladan Pematang Siantar Perkenalkan Budaya Batak Toba

Siantar, Setelah sukses mengadakan Pesta Rondang Bittang pada tahun 2023, SMA Swasta Teladan Pematang Siantar kembali memperkenalkan Budaya Batak Toba di Acara Hasil Panen P5 Kelas X, yang dilaksanakan, pada Rabu (29/5/2024) di SMA Swasta Teladan  jalan Singosari No. 3 Pematang Siantar.

Perkenalan Budaya Batak Toba ini dalam rangka pagelaran Hasil Panen P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) untuk Kelas X SMA Swasta Teladan Pematangsiantar Tahun 2024.

Penampilan Kreatifitas Siswa Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMA Teladan  Pematang Siantar /Ft. Siantar Chanel

Acara itu pun mendapat apresiasi luar biasa dari Kepala Cabang Dinas (Kacabdis) Pendidikan Wilayah VI, Drs. Ramadhan Zuhri Bintang, MAP, .

“Tahun lalau Pesta Rondang Bittang budaya Simalungun, hari ini, melestarikan kebudayaan Batak Toba melalui tortor dan ende. Demikian juga harus kita pelajari budaya gotong royong dan kebersamaan," kata Ramadhan Zuhri, agar budaya kerjasama antara ayah, ibu dan anak juga diterapkan dirumah.

Kacabdis Pendidikan Wilayah VI, Drs. Ramadhan Zuhri Bintang, MA, mengingatkan para siswa agar jangan malu dengan budayanya namun harus tetap dilestarikan.

Rombongan Kacabdis dan Kepala Sekolah SMA Swasta Teladan Pematang Siantar Disambut Manortor/ist

“Kemarin budaya Simalungun sudah, hari ini budaya Batak Toba, dan tahun depan, mari kita perkenalkan budaya lainnya, apakah Karo, Jawa, Melayu atau laiannya,” ungkanya.

Ditempat yang sama, Kepala Sekolah SMA Swasta Teladan Siantar, Sangkot Sitohang, MPd, mengucapkan terimakasih kepada Kacabdis Pendidikan Wilayah VI, Drs. Ramadhan Zuhri Bintang, MAP untuk memberikan motivasi  kepada siswa/i SMA Swasta Teladan Pematang Siantar.

"Terimaksih kepada Bapak Kacabdis, yang membuka sekaligus memberikan motivasi kepada guru dan siswa, agar kita tetap mencintai budaya Nusantara, khsususnya budaya Sumnatera Utara," kta Sangkot Sitohang.

Penampilan Siswa-siswi SMA Swasta Teladan Pematang Siantar Dalam Budaya Batak Toba/ist
Masih kata Sangkot Sitohang, Tahun 2023, kita sukses melaksanakan Pesta Rondang Bittang dan tahun ini kita memperkenalkan budaya Batak Toba.

"Ini menunjukan siawa SMA Teladan Siantar, bukan hanya dituntut cerdas pengetahuan, tapi cerdas dalam berperilaku.Saya bangga dan salut melihat anak-anak kami sudah berani tampil dan menunjukkan kreasinya di hadapan orangtua,” ujarnya bangga.

Siswa-siswi SMA Swasta Teladan Pematang Siantar Manortor/ist
Sementara itu, ketua panitia, Valencia Rizky Lumban Tobing menjelaskan, Hasil Panen P5 Kelas X SMA Swasta Teladan Pematangsiantar Tahun 2024 ini diisi berbagai kegiatan diantaranya mantortor atau menari, ende atau bernyanyi, fashion show, vokal grup dan ada juga bazar yang diprakarsai siswa/i kelas XI.

" Terimakasih kepada siswa-siswi SMA Teladan, terimakasih dukungan bapak Kepala Sekolah, dan  para guru yang telah bekerja keras membangun karakter siswa kita, sehingga acara ini dapat terl;aksanakan dengan baik dan meriah," katanya.

Pantauan media, para siswa manortor dan menyambut rombongan Kacabdis Pendidikan Wilayah VI, para guru dan orang tua siswa, dan dilanjutkan acara Nasional dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan menampilkan Fashion Show. (red/t)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.