Header Ads

Pemberantasan Peredaran Rokok Ilegal Disosialisasikan di Humbahas, Melibatkan KPPBC TMP C Sibolga dan Polres Humbahas

Humbahas, Pemberantasan Peredaran Rokok Ilegal Disosialisasikan di Humbahas, Melibatkan KPPBC TMP C Sibolga dan Polres Humbahas, hal ini disampaikan Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan, melalui Dinas Koprasi dan Tenaga Kerja (Kopenaker).

Turut dalam sosialisasi itu, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C  (KPPBC TMP C) Sibolga dan Polres Humbahas mensosialisasikan Penegakan Hukum Pemberantasan Peredaran Rokok Ilegal, di Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Humbahas, Komplek Perkantoran Tanah Lapang Doloksanggul, Kamis (2/5/2024).

Kadis Kopenaker Humbahas Nurliza Pasaribu MSi menyampaikan, dampak dari peredaran rokok ilegal di tengah masyarakat mengakibatkan penerimaan negara di bidang cukai berkurang dan berimbas pada kesejahteraan rakyat, karena Humbahas merupakan salah satu daerah penghasil tembakau di Kecamatan Lintongnihuta, Paranginan, dan Doloksanggul.

Sejak tahun 2013 sampai saatini, Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan melalui Dinas Kopenaker menerina Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau. 

kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat bermanfaat bagi seluruh elemen masyarakat, khususnya bagi para pedagang sehingga dapat membedakan rokok yang legal dan ilegal dan hanya menjual rokok yang legal.

Kepala Kantor Bea dan Cukai Sibolga, Moh. Ali Musthofa mengatakan, salah satu tugas (fungsi) Kantor Bea Cukai Sibolga adalah melindungi masyarakat dari bahaya perdagangan barang kena cukai (BKC) ilegal, salah satu melalui pemberantasan peredaran rokok ilegal. 

Rokok ilegal yang tidak membayar cukai sangat merugikan negara, oleh karena itu harus sama-sama kita berantas/ perangi. 

Ditempat yang sama, Kapolres Humbahas, Brigadir Irwansyah Sigalingging menyampaikan terkait penegakan hukum peredaran rokok ilegal. 

"Tugas kepolisian hanya melakukan pengawasan. Sementara untuk penegakan hukumnya sepenuhnya berada di tangan Kantor Bea dan Cukai Sibolga." ungkapnya. (red/t)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.