Header Ads

Peringatan Harkitnas Ke 116 Tahun di Gelar di Simalungun

Simalungun,  Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Ke 116 Tahun 2024 di gelar di kabupaten Simalungun, dengan tema "Bangkit Untuk Indonesia Emas".

Upacara peringatan Harkitnas dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Simalungun, Pamatang Raya, Simalungun, Sumut, Senin (20/5/2024).


Inspektur Upacara (Irup) Bupati Simalungun diwakili Sekda Esron Sinaga, sebagai komandan Upacara Kapten Inf Bangsawan Harahap (Danramil 16 Panei Tongah) dan perwira upacara Kapten Inf Rudianto (Pasi Pers Kodim 0207/Sml).

Pengibaran bendera merah putih pun dilaksanakan, diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan hening cipta dan pembacaan Teks Pancasila oleh Irup.

Pembacaan Pembukaan UUD 1945 dibacakan Jeremi YS Ambarita, salah seorang siswa SMA Negeri 1 Siantar

Sekda Esron Sinaga membacakan pidato Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Budi Arie Setiadi

Sekda mengatakan, lebih dari seabad lalu, tepatnya pada 20 Mei 1908, lahir organisasi Boedi Oetomo, di masa itu telah menumbuhkan bibit bagi cita-cita mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Hari berdirinya Boedi Otomo inilah yang kelak menjadi simbol dari Hari Kebangkitan Nasional yang kita rayakan hari ini.

Gerakan Boedi Oetomo bermula dari sejumlah dokter dan calon dokter di Batavia yang berkumpul mendirikan suatu organisasi modern. 

Di titik inilah, seluruh potensi sumber daya alam kita, bonus demografi kita, potensi transformasi digital

kita, menjadi modal dasar menuju “Indonesia Emas 2045”. Mari kita rayakan kebangkitan nasional kedua menuju Indonesia Emas. (red/t)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.