Header Ads

Dihadapan Konjen 8 Negara, Wali Kota Siantar Promosikan Penanganan Stroke dan Jantung di RSUD Djasamen Saragih

Siantar, Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani dengan penuh semangat dan memperkenalkan pusat penanganan Stroke dan Penyakit Jantung di RSUD Djasamen Saragih.

Hal ini disampaikan dr Susanti  kepada Delegasi Konsul Jenderal dan Konsul Kehormatan negara sahabat diundang dalam rangka Site Visite Proyek Investasi Strategis ke kota Pematang Siantar, di Gedung Serbaguna Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar, Jalan Merdeka, Selasa (25/06/2024).

Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani Bersama Para Konjen 8 Negara Sahabat/ist
Adapun Para Konsul Jenderal/Konsul Kehormatan yang hadir yakni Konsul Jenderal (Konjen) Amerika Serikat Bernard C Uardan, Konjen Tiongkok Li Hongwei, Konjen ⁠Malaysia Shahril Nizam Bin Abdul Malek, Konjen Singapura dr Edmund Chia, Konjen Jepang Takonai Susumu, Konsulat Kehormatan Thailand Martono Anggusti, Konsulat Kehormatan Belanda Ony Hindra Kusuma, Konsulat Kehormatan Jerman Daniel Adhiyaksa Darmadi, dan  KJRI Penang Wanton Saragih.

Para konsul negara sahabat ini disambut penuh kegembiraan oleh Pemerintah kota Pematang Siantar, bahkan Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA menyambut para tamu negara dengan tarian Tortor Simalungun dan setiap konsul diberikan Hiou (khas kain Simalungun).

Kegiatan ini telah diinisiasi sejak 2018, dan berhasil memperkenalkan proyek-proyek bersifat clean and clear kepada investor seperti Toba Caldera Resort, Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei, Kawasan Industri Kuala Tanjung dan lainnya.

Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani Bersama Para Konjen 8 Negara Sahabat/ist
Informasi yang diterima dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar, bahwa kedatangan para konsul negara sahabat dalam rangka mendorong perekonomian Provinsi Sumatera Utara, dan melakukan promosi proyek NSI (North Sumatera Invest).

NSI sendiri akan melaksanakan kegiatan  NSI Day yang akan diselenggarakan pada Juli 2024, upaya mempromosikan proyek-proyek strategis di Sumatera Utara. 

Salah satu kegiatan NSI adalah NSI Investment Challenge (NICe). 

NICe adalah menjaring proyek-proyek strategis untuk dapat dipromosikan kepada investor. Untuk memastikan hal tersebut, dilakukan mentoring kepada project owner untuk memperkuat berbagai aspek  legal hingga finansial meningkatkan daya tarik investor.

Dalam hal memperkuat promosi proyek investasi strategis, NSI melakukan site visit dengan para delegasi negara sahabat. 

Melalui kunjungan Konsulat Jenderal dan Konsulat Kehormatan diharapkan  mempeluas promosi kepada investor dari negara sahabat, dengan tujuan delegasi (kunjungan ) Kota Pematangsiantar.

Adapun proyek strategis yang dikembangkan di kota Pematangsiantar adalah pengembangan RSUD Djasamen Saragih, dan dalam  proyek NICe 2024 nantinya. 

Para Konsul Jenderal/Konsul Kehormatan Disambut Tortor Simalungun di Kota Pematangsiantar/ist
Adapun tujuan pengembangan RSUD Djasamen Saragihsebagai sarana medis pusat pengobatan stroke dan jantung dapat membuka potensi  kota Pematangsiantar menjadi health tourism, dengan dukungan  infrastruktur dan akses jalan tol nantinya.

Pada kesempatan itu, dalam sambutannya dr Susanti menyampaikan ucapkan terimakasihnya kepada para delegasi negara sahabat.

"Terimakasih kepada para Konsul negara sahabat, dan terimakasih kepada tim, sehingga Kota Pematangsiantar Site Visite Proyek Investasi Strategis oleh North Sumatera Invest (NSI). Diharapkan dengan kunjungan tersebut akan terbangun komitmen untuk kemajuan Provinsi Sumatera Utara (Sumut), termasuk Kota Pematangsiantar," kata dr Susanti.

Salah Seorang Tamu Mencoba Kendaraan BSA Peninggalan Belanda/ist
Tema dalam acara itu adalah : Strengthen Investment Through Attractive Projects.

"Terimakasih untuk semuanya, Ini menjadi suatu kehormatan bagi kami, Strengthen Investment Through Attractive Projects," ucapnya.

dr Susanti juga menjelaskan, bahwa di kota Pematangsiantar banyak bangunan peninggalan Belanda.

"Di Siantar banyak bangunan Belanda, diantaranya kantor wali kota,  Bank Rakyat Indonesia (BRI)," jelas dr Susanti, bahwa Gedung BRI itu dulunya menjadi pusat pembuatan uang saat Kota Pematangsiantar menjadi ibukota Provinsi Sumatera Timur.

Kata dr Susanti lagi, bahwa  penduduk Kota Pematangsiantar sangat heterogen, baik suku maupun agama. Namun selama ini bisa hidup rukun dan damai. Sehingga Pematangsiantar termasuk Kota Toleran di Indonesia.

“Kota Pematangsiantar merupakan kota terbesar kedua di Sumatera Utara, terletak di antara Pantai Barat dan Pantai Timur. Sekarang ini Pematangsiantar menjadi rujukan kesehatan sejumlah kabupaten/kota di sekitarnya. Tidak harus ke Medan lagi, karena bisa kami layani di Pematangsiantar ini,” katanya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Provinsi Sumut Dr Faisal Arif Nasution SSos MSi menerangkan, bahwa Pemko Pematangsiantar membawa delegasi NSI untuk mendorong sektor investasi, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Sumut.

Masih kata Faizal, pada 2023 Provinsi Sumut menargetkan investasi sebesar Rp50 triliun. dan tercapai  70 persen. Sementara di tahun2024, targetnya meningkat Rp58 triliun. 

Untuk mencapai target itu, pihaknya melakukan konsolidasi melalui penanaman modal asing (PMA) dan penanaman modal dalam negeri (PMDN).

Wali Kota Siantar dr Susanti Memberikan Hiou (khas kain Simalungun) Kepada Para Konsul Tamu Negara Sahabat/ist
“Semoga tahun ini PMA dapat tercapai sesuai target,dalam rangka mempromosikan potensi untuk menarik investor luar negeri yang berinvestasi di Sumatera Utara,” katanya, dan  mengapresiasi dr Susanti dan Forkopimda Kota Pematangsiantar menyambut dan menjamu para delegasi.

Faizal juga menyampaikan kepada para delegasi untuk mengenakan topi bertuliskan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024, hal ini  dalam rangka sosialisasi dan menggelorakan PON 2024. 

"Kota Pematangsiantar termasuk salah satu venue untuk cabang olahraga tinju pada Pon 2024, karena itu mari kita gelorakan PON di kota Pematangsiantar," tutupnya.

Hadir Sekretaris Daerah Provsu Ir Arief S Trinugroho, ⁠Asisten Pembangunan dan Perekonomian Provsu Agus Tripriyono, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Sumut IGP Wira Kusuma, ⁠Kepala Bappelitbang Provsu Alfi Syahriza, Wakil Ketua Umum Kadin Sumut Isfan F Fachruddin, Kepala KPw BI Pematangsiantar Muqorobin, Kepala KPw BI Bengkulu, Lampung, Aceh, dan Sibolga.

Kemudian Dandim 0207/Simalungun Letkol Inf Slamet Faojan, Kapolres Pematangsiantar AKBP Yogen Heroes Baruno, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pematangsiantar Jurist Precisely Sitepu, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Pematangsiantar Rinto Leony Manullang, serta Sekda Kota Pematangsiantar Junaedi Antonius Sitanggang dan jajaran organisasi perangkat daerah. (Advertorial)




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.