Header Ads

Kenakan Pakaian Adat Simalungun, dr Susanti Pimpin Peringatan Hari Lahir Pancasila

Siantar, Mengenakan pakaian adat Simalungun Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, di Lapangan Adam Malik, Sabtu (01/06/2024) pagi.

Dalam pidatonya, dr Susanti mengatakan, Peringatan Hari Pancasila tanggal 1 Juni 2024, merupakan hari ketika Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan.

"Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK)," ucap dr Susanti membacakan Pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia Yudian Wahyudi

Tema Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil  "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045". Tema ini mengandung maksud Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat."

Terlihat pada upacara itu jajaran OPD megenakan pakaian adat Simalungun, termausk Sekda Junaedi Antonius Sitanggang.

Perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. 

"Saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode kekinian, untuk menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa," sebutnya.

Upacara juga diikuti oleh Unsur Forkopimda Kota Pematangsiantar, pelajar, dan mahasiswa. (red/t)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.