Header Ads

Pemkab Humbahas Rakor dan Evaluasi Deteksi Dini, Preventif dan Respon Penyakit

Humabhas, Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pelaksanaan Deteksi Dini, Preventif dan Respon Penyakit Tingkat Kabupaten Humbahas dilaksanakan di Aula Hotel Grand Maju, Doloksanggul, Selasa (4/6/2024). 

Rakor ini dibuka Bupati Humbang Hasundutan yang diwakili Plh. Sekda Jaulim Simanullang.

Plh. Sekda Jaulim Simanullang menyampaikan pesan Bupati Humbahas, bahwa Indonesia saat ini menghadapi penyakit ganda, dimana prevalensi penyakit menular relatif masih tinggi.  

"Peningkatan penyakit-peyakit tidak menular dan kronik-degeneratif, yang lebih banyak disebabkan karena pola kehidupan dari berbagai aspek yang berbah sejalan dengan perkembangan sosial-ekonomi yang ada." ungkapnya.

Karena itu, menurutnya, Penyakit tidak menular saat ini menjadi penyebab kematian terbanyak dan membutuhkan pembiayaan negara terbesar untuk pengobatannya.

"Berdasarkan Survey Kesehatan Indonesia Tahun 2023 ditemukan 4 penyakit tidak menular yang menjadi penyebab utama kematian yaitu penyakit jantung dan pembuluh darah (termasuk stroke), Kanker, Diabetes dan Penyakit Paru Obstruksi Kronis (PPOK)," ungkapnya.

Pembicara pada kegiatan ini dari Provinsi Sumatera Utara dan Kabupaten Humbang Hasundutan. Peserta kegiatan ini sebanyak 150 orang terdiri dari Kepala OPD, Camat, Kepala Desa, Kepala Puskesmas, Pengelola Program P2P, TP. PKK, Tokoh masyarakat, Tokoh agama, Kader Posbindu dan Kader Posyandu. (red/t)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.