Header Ads

Pemkab Simalungun Gelar Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024

Simalungun, Hari Lahir (Harlah) Pancasila Tahun 2024 diperingati di Kabupaten Simalungun.

Peringatan Harlah Pancasila ini dilaksanakan di Lapangan Koramil 08/Bangun, Jln Asahan Kecamatan Siantar, Simalungun, Sabtu (1/6/2024).


Tema Harlah Pancasila Tahun 2024  "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045".

Inspektur Upacara (Irup) pada Harlah ini  Wakil Bupati H Zonny Waldi ,dan sebagai Komandan Upacara Kapten Inf Suheri (Danramil 08/Bangun), sebagai perwira upacara Kapten Inf Rudianto (Pasi Pers Kodim 0207/Sml).

Upacara ditandai dengan pengibaran bendera Merah Putih diiringi dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Selanjutnya hening cipta dan pembacaan teks Pancasila oleh Irup, dilanjutkan dengan pembacaan Pembukaan UUD 1945 oleh Wakil Ketua DPRD Simalungun Samrin S Girsang.

Wakil Bupati Simalungun H Zonny Waldi membacakan pidato tertulis Kepala Badan Pembinaan Indeologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI) Yudian Wahyudi.

Wakil Bupati menyampaikan, tema pada peringatan Harlah Tahun 2024, bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong 100 Tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Dalam Pancasila terkandung makna nilai-nilai luhur yang tinggi,  nilai-nilai inklusivitas toleransi dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam indentitas nasional 'Bhineka Tunggal Ika'.

kepada seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dan menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan Kaun milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa.

Upacara dihadiri Forkopim,  para pejabat tinggi pratama, administrator dan pengawas di lingkungan Pemkab Simalungun, Ormas,  OKP, TNI,  Polri,  ASN,  Satpol PP,  Pramuka dan pelajar. (red/t)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.