Header Ads

PPG Universitas Simalungun Tingkatkan Literasi Budaya di Rumah Baca Mutiara Bangsa

Siantar,  Literasi Budaya harus ditingkatkan di Indonesia, karena itu para pendidik juga harus dibekali untuk pengembangan Budaya.

Demikian dikatakan Drs.Berlian R. Turnip, M.Pd Dosen Pembimbing Projek Kepemimpinan Proses Pembelajaran Pendidikan Profesi Guru (PPG) kepada para calon guru yang mengikuti Prajabatan Gelombang I Tahun 2024 Semester 2 LPTK Universitas Simalungun (USI).

Mahasiswa PPG Universitas Simalungun Bersama Anak-anak Mutiara Bangsa Berfoto didepan Ruma Gorga Natama/ist 
"Kita berikan pembimbingan kepada mahasiswa, bagaimana sebenarnya meningkatkan Literasi di tengah-tengah masyarakat. Demikian juga kita harapkan mahasiswa dapat tahu apa kendala masyarakat dalam pengembangkan Literasi. Mahasiswa menemukan masalahnya, dan mahasiswa mencari solusianya," kata Berlian Turnip, di Rumah Baca Mutiara Bangsa jalan Farel Pasaribu Kota Pematang Siantar, Jumat (2/8/2024), mengharapkan mahasiswa lebih cakap berleterasi nantinya didalam dunia pendidikan (guru).

Berlian R. Turnip yang sudah 37 tahun mengabdi sebagai dosen di Universitas Simalungun di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan mengucapkan terimakasih atas bimbingan mahasiswa PPG untuk meningkatkan Literasi.

Pohon Literasi Hasil Karya Anak-anak Mutiara Bangsa bersama Mahasiswa PPG Universitas Simalungun/ist
"Terimakasih kepada pimpinan Rumah Baca Mutiara Bangsa yang terus mengali dan meningkatkan Literasi Budaya. Semoga kedepan banyak lagi tokoh-tokoh yang peduli budaya, karena budaya adalah akar kehidupan kita berbangsa dan bernegara, jadi budaya kita harus di jaga dan harus tetap dilestarikan," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Tagor Sitohang, SH Pimpinan Rumah Baca Mutiara Bangsa juga menyampaikan, agar para mahasiswa PPG yang nantinya ditempatkan sebagai guru agar tetap meningkatkan Literasi kepada siswanya.

Anak-anak Mutiara Bangsa Menunjukan hasil Gorga Batak bersama Mahasiswa PPG Universitas Simalungun /ist
"Saya hanya berharap para guru nantinya tetap meningkatkan Literasi kepada siswanya, khususnya Literasi Budaya. Kalau tidak kita siapa lagi yang menjaga budaya kita, karena itu kita harus bekali generasi muda kita agar tidak lupa dan meninggalkan budaya. Ikuti Jaman mu, Jangan Tinggalkan Budaya mu," pesannya.

Adapun kehadiran para mahasiswa PPG Universitas Simalungun ke Rumah Baca Mutiara Bangsa dalam rangka pelaksanaan Projek Kepemimpinan sebagai salah satu mata kuliah wajib dalam Proses Pembelajaran PPG Prajabatan Gelombang I Tahun 2024 Semester 2 LPTK Universitas Simalungun.

Anak-anak Mutiara Bangsa Bersama Mahasiswa PPG Universitas Simalungun Menunjukan Karya Pembuatan Buket Bunga/ist
Di Rumah Baca Mutiara Bangsa para mahasiswa PPG melatih anak-anak Manortor, Mangorga, Mengenal Ulos (Tali-tali/Sortali=batak), Membaca Cepat, Bercerita, Membuat Bucket, Cerita Rakyat, Mewarnai, Melukis, dan lainnya.

Kegiatan ini berlangsung sejak 8 Juli 2024, dan berakhir 2 Agustus 2024. Adapun mahasiswa yang turut dalam Projek Kepemimpinan adalah : Dea Amada, Despy Kris Noory Br. Tarigan, Mhd. Sae Marlindo, Nur Jelita, Nurul Hafikah Sitorus, Sultiah Siregar, Teresia Agustina Panjaitan, Wiranda, danYuniarti Silalahi. Hadir dalam pembukaan PPG Lurah Keluarahan Sukamaju Yeyen Sitohang, SH, Tim Kreatif Rumah Baca Mutiara Bangsa Diatama Leolin Sitohang, dan Divana Adetama Sitohang. (red/t)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.